Javascript Survei Terbaru: Apakah Masyarakat Puas dengan Pemerintahan Jokowi? Hasilnya Mengejutkan! - ARTIKEL BERITA TERKINI

Survei Terbaru: Apakah Masyarakat Puas dengan Pemerintahan Jokowi? Hasilnya Mengejutkan!

Presiden Joko Widodo | detik.com

Tidak terasa, sudah 4 tahun lebih Indonesia dipimpin oleh Presiden Joko Widodo bersama sang wakil Jusuf Kalla. Sejak 2014 hingga saat ini, sudah cukup banyak perubahan yang terjadi dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Pertanyaannya, perubahan yang telah terjadi tegolong baik atau buruk? Kalau soal itu sih, pendapat setiap orang tentu bisa berbeda-beda. Maka bagaimana pendapat mayoritas rakyat Indonesia soal kinerja Jokowi selama menjadi presiden? Apakah memuaskan atau tidak?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, 6 lembaga survei berbeda telah menggelar survei yang membahas mengenai apakah masyarakat puas terhadap pemerintahan Jokowi sejauh ini. Dilansir dari detik.com (26/09/2018), berikut hasil keenam survei tersebut.



1. Poltracking

Puas: 68,9 persen

Tidak puas: 25,9 persen



2. Populi Center

Puas: 63 persen

Tidak puas: 34,1 persen



3. Indikator Politik Indonesia

Puas: 72,4 persen

Tidak puas: 26,1 persen

Hasil survei Indikator Politik Indonesia | beritasatu.com


4. Litbang Kompas

Puas: 72,2 persen

Tidak puas: 27,8 persen



5. Charta Politika

Puas: 68,2 persen

Tidak puas: 28,6 persen



6. Indo Barometer

Puas: 67,3 persen

Tidak puas: 28,5 persen



Itulah 6 hasil survei dari 6 lembaga survei berbeda soal kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi. Dari keenam hasil tersebut, bisa disimpulkan bahwa ternyata sebagian besar masyarakat merasa puas dengan kepemimpinan Jokowi-JK.

Hasil tersebut bisa dibilang mengejutkan karena kepemimpinan Jokowi pun bukannya tanpa cacat. Salah satu yang paling menonjol dan paling disorot akhir-akhir ini adalah soal masalah ekonomi khususnya pelemahan nilai tukar rupiah. Namun tampaknya pencapaian positif lain yang telah dicapai pemerintahan Jokowi mampu menutupi hal tersebut.

Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan infrastruktur | detik.com

Tentu, hasil survei tersebut menjadi kabar baik bagi kubu Jokowi-Ma'ruf menjelang Pilpres 2019. Karena mayoritas rakyat merasa puas dengan kepemimpinannya, tentu akan lebih mudah bagi Jokowi untuk meraih dukungan rakyat dengan menonjolkan hasil-hasil bagus kepemimpinannya yang membuat masyarakat puas.

Sementara bagi kubu Prabowo-Sandi, tentu hal ini menjadi tantangan yang cukup berat. Pasalnya, mereka kini perlu meyakinkan masyarakat bahwa pemerintahan mereka bisa melampaui segala pencapaian yang telah diraih Jokowi selama ini. Jika tidak berhasil, hal itu bisa berarti jalan mulus bagi Jokowi untuk menuju periode kepemimpinannya yang ke-2.

baca sumbernya

Belum ada Komentar untuk "Survei Terbaru: Apakah Masyarakat Puas dengan Pemerintahan Jokowi? Hasilnya Mengejutkan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel