Javascript 5 Macam Hukum Bacaan Tajwid Lengkap Beserta Penjelasan - ARTIKEL BERITA TERKINI

5 Macam Hukum Bacaan Tajwid Lengkap Beserta Penjelasan



Belajar bermacam-macam tajwid sebenarnya cukup mudah, apalagi dilakukan dengan sepenuh hati dan sering mempraktikannya. Sebab, kegunaan tajwid adalah untuk memperbaiki bacaan alquran. Jika seseorang tak pernah membaca Al-quran, maka sia-sialah orang tersebut belajar tajwid.
Ada beberapa penjelasan mengenai hukum-hukum dalam tajwid yang bisa kamu pelajari untuk membaca Alquran dengan baik dan benar. Apa saja itu? Berikut ini 5 macam hukum bacaan tajwid lengkap beserta penjelasannya yang bisa kamu pelajari.
1. Hukum Mim Mati


Terdapat tiga hukum bila ada mim mati berhadapan dengan huruf Hijaiyyah. Hukum pertama, ketika mim mati bertemu dengan huruf ba ŲØ, maka menjadi Ikhfa’ Syafawi. Kedua, saat mim mati berhadapan dengan huruf mim Ł…, maka hukum tajwid jadi Idghom Mutamassilain. Ketiga, mim mati bertemu dengan selain huruf mim Ł… dan ba ŲØ, maka wajib dibaca Idzhar Syafawi.
2. Hukum Qalqalah


Pengertian Qalqalah yaitu menekan bunyi huruf mati pada makhrojnya hingga menghasilkan bunyi pantulan. Ada lima huruf Qalqalah di antaranya dal, jim, ba, tho, qofŁ‚Ų·ŲØ Ų¬ŲÆ. Jika huruf mati tersebut karena waqof, maka dibaca Qalqalah Qubro. Bila huruf mati tersebut karena harokat sukun, maka hukumnya Qolqolah Shugro.
3. Hukum Nun dan Mim Bertasydid


Saat ada nun atau mim bertasydid, maka hukum tajwid keduanya harus dibaca Ghunnah. Ghunnah merupakan suara dengungan yang keluar dari rongga hidung jadi cara membacanya dengan mendengungkannya. Panjang dengungnya ialah dua harokat. Contoh bacaan Ghunnah ini adalah Ų§Ł„Ł†َّŲ§Ų³ِ
4. Ro’ Tarqiq


Huruf ro Ų± yang dibaca Tarqiq atau tipis yaitu ro’ yang berharokat kasroh. Ro’ mati yang sebelumnya harokat kasroh juga harus dibaca tipis, kecuali jika setelah ro’ adalah huruf isti’la’. Karena ro’ tersebut harus dibaca Tafkhim atau tebal.
5. Hukum Mad


Mad merupakan salah satu bahasa hukum tajwid yang sangat panjang bila dijabarkan satu persatu. Hukum mad sendiri antara lain adalah mad tobi'i, mad arid lisukun, mad layyin, mad tamkin, mad wajib muttasil atau hukum mad yang lainnya. Maka wajib mempelajari hukum mad dalam ilmu tajwid.
Itulah 5 macam hukum bacaan tajwid lengkap beserta penjelasannya yang bisa kamu pelajari. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "5 Macam Hukum Bacaan Tajwid Lengkap Beserta Penjelasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel