Javascript Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia - ARTIKEL BERITA TERKINI

Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia



Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan sebagian besar umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini umat Islam menjalankan kewajibannya, yakni ibadah puasa Ramadhan yang dilakukan selama sebulan penuh setiap tahunnya. Umumnya pada bulan ini umat muslim akan saling berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan. Sebab, pahala  dalam setiap amalan ibadah kita akan dilipat gandakan. Oleh sebab  itu, setiap orang bukan hanya berfokus untuk menjalankan ibadah puasa, tetapi juga berusaha memperbaiki dirinya.
Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari menjelaskan, “Barang siapa mengisi Ramadhan dengan amalan-amalan baik beribadah tanpa henti, menyempurnakan saum, tarawih, sampai ia mendapati lailatulkadar dengan berbekal keimanan yang kuat dan diikuti keikhlasan yang tak terbatas, maka Allah akan mengampuni seluruh dosa yang diperbuatnya dahulu.” Hadis ini merujuk pada alasan untuk bergembira menyambut Ramadhan. Tak heran, hal ini membuat umat muslim senantiasa lebih giat lagi dalam beribadah.
Selain itu bulan suci Ramadhan juga umumnya berbeda dengan bulan-bulan biasanya. Segala aktivitas mulai dari pekerjaan dan hal lainnya akan turut berubah pada bulan ini. Salah satunya pada waktu masuk sekolah atau kantor pun biasanya dibuat lebih siang dibandingkan pada bulan biasanya. Hal ini yang tentu memungkinkan umat muslim diberikan kebebasan sedikit untuk lebih banyak beribadah.
Namun, selain beberapa hal tersebut masih ada fakta unik yang terjadi di masyarakat Indonesia selama menjalani ibadah puasa. Ingin tahu apa sajakah itu? Mari simak di bawah ini.

1.      Membangunkan Orang Sahur


Kegiatan yang satu ini tentu sudah menjadi tradisi yang melekat dengan masyarakat Indonesia untuk membangunkan orang lain agar segera sahur. Biasanya masyarakat akan membangunkan dengan menggunakan peralatan tempurnya seperti baskom, ember, penggorengan dan lainnya. Lalu berkeliling kampung saat dini hari dan memukul peralatan tersebut dengan bergaduh-gaduh, sehingga orang lain terbangun mendengar suara gaduh tersebut.

2.      Kurma Menjadi Makanan Wajib Selama Puasa


Buah kurma ialah buah yang disunahkan oleh Nabi sebagai awalan dalam berbuka puasa. Nabi memberi anjuran memakan minimal tiga kurma untuk membatalkan puasa. Sunah inilah yang seolah memunculkan tradisi untuk menghadirkan buah kurma saat berbuka puasa.

3.      Makanan Kolak


Kolak adalah salah satu takjil yang populer pada saat bulan Ramadhan. Takjil yang satu ini telah menjadi syarat wajib sebelum menyantap makanan besar lainnya. Rasa manisnya yang khas biasanya terdiri dari buah pisang, santan dan bahan lainnya telah menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Tak heran bila selama bulan Ramadhan banyak pedagang yang  menjajakan menu takjil ini.

4.      Tradisi Buka Bersama


Buka puasa bersama atau lebih populer disebut “bukber” telah menjadi ciri khas selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan untuk bersilaturahmi bersama keluarga, kerabat, teman lama, atau untuk ajang reunian bersama teman-teman masa sekolah.

5.       Ngabuburit


Sebelum menunggu waktu berbuka puasa tiba biasanya masyarakat Indonesia akan menghabiskan waktu dengan “ngabuburit”. Kegiatan ini umumnya diisi dengan jalan-jalan sore, berbelanja, bermain, bercengkrama dan sebagainya.
Ngabuburit sendiri memiliki makna luas dan sekadar untuk membunuh waktu saja. Selain kegiatan tersebut ngabuburit bisa diisi dengan beribadah dan berbagai kegiatan yang lebih bermanfaat.
Demikianlah beberapa fakta unik dibalik tradisi bulan Ramadhan yang seringkali dijumpai oleh masyarakat Indonesia. Apapun tradisinya yang terpenting adalah senantiasa meningkatkan ibadah pada bulan ini, sehingga bulan suci Ramadhan ini tidak terlewati dengan sia-sia.

Belum ada Komentar untuk "Fakta Unik Bulan Ramadhan di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel