Javascript Pelaksanaan Haji dan Idul Adha - ARTIKEL BERITA TERKINI

Pelaksanaan Haji dan Idul Adha


Pelaksanaan Haji dan Idul Adha. Haji adalah nama untuk ziarah ke Mekah, Arab Saudi, situs paling suci Islam. Ini adalah pilar kelima dari Lima Rukun Islam dan merupakan kewajiban bagi semua Muslim, setidaknya sekali dalam hidup mereka, selama mereka mampu dan mampu secara fisik. Haji terjadi pada bulan Dzul Hijjah, yang merupakan bulan kedua belas dari kalender lunar Islam.

Haji dan Idul Adha

Ziarah ke Mekah mengingatkan umat Islam akan kepercayaan utama mereka pada kesetaraan umat manusia di hadapan Allah (kata Arab untuk Tuhan), karena setiap orang mengambil bagian dalam ibadah dan ritual dengan dasar yang persis sama. Setiap tahun, lebih dari dua juta Muslim akan melakukan ziarah. Haji dan Idul Adha mendorong umat Islam untuk merenungkan dan berpikir tentang kehidupan mereka sendiri.

Gaya hidup modern sibuk, tetapi haji memberi Muslim kesempatan untuk beralih dari pekerjaan dan masalah sehari-hari. Ini juga memungkinkan umat Islam untuk berhubungan kembali dengan apa yang benar-benar penting dan fokus pada masalah spiritual. Salah satu ritual yang paling terkenal adalah bahwa umat Islam semua harus mengelilingi kubus hitam besar di Mekah yang dikenal sebagai Ka'bah.

Yang pada awalnya dibangun oleh Nabi Ibrahim, yang dikenal sebagai Abraham untuk orang Yahudi dan Kristen. Sebagai tanda pengudusan, umat Islam mengenakan pakaian putih yang sangat sederhana. Pria mengenakan jubah putih panjang tanpa busana sementara wanita mengenakan gaun putih polos (atau kadang-kadang berwarna) dengan syal. Ini adalah simbol kesetaraan semua orang di mata Allah dan untuk menandakan persamaan antara kaya dan miskin.

Bagaimana cara pelaksanaan haji dan idul adha?

Setelah ritual haji selesai, Idul Adha (Festival Kurban), juga dikenal sebagai Idul Fitri Raya dirayakan. Ini adalah festival terpenting kedua dalam kalender Muslim, (yang pertama adalah Idul Fitri setelah bulan Puasa Ramadhan). Kitab suci Islam menceritakan bagaimana Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya sebagai ujian atas pengabdiannya.

Terlepas dari cintanya kepada anaknya, Nabi Ibrahim telah bersiap untuk melaksanakan perintah Allah. Namun, pada saat terakhir, Allah memberi tahu Ibrahim untuk menyelamatkan anak itu dan mengorbankan sesuatu yang lain. Untuk mengingat kesediaan Ibrahim untuk tunduk pada kehendak ilahi, keluarga Muslim secara tradisional mengorbankan seekor hewan selama Idul Adha.

Muslim di seluruh dunia, yang mampu membelinya, mengorbankan seekor binatang sering kali sebagai domba sebagai pengingat kepatuhan Ibrahim kepada Allah. Daging dari pengorbanan Idul Adha sebagian besar diberikan kepada orang lain. Sepertiga dimakan oleh keluarga dan kerabat dekat, sepertiga diberikan kepada teman-teman, dan sepertiga disumbangkan kepada orang miskin.

Pada hari Idul Fitri, hari saya dimulai dengan berpakaian sendiri dan anak-anak saya dalam pakaian baru dan pergi ke Masjid untuk sholat Ied berjamaah. Kami kemudian menghabiskan sisa hari bersama orang-orang terkasih, mengunjungi keluarga dan teman-teman, menawarkan mereka hadiah. Sebagai seorang gadis muda, saya ingat pergi dengan orang tua saya untuk mengumpulkan daging dari tukang daging.

Dan membagikannya kepada keluarga dan teman-teman diikuti oleh pesta keluarga yang dimasak dengan sepertiga dari daging di rumah pada malam hari. Sekarang saya melihat anak-anak saya menantikan Idul Fitri dan menghargai hadiah yang mereka terima dan kebahagiaan yang mereka nikmati dua kali setahun dengan kedua Idul Fitri. Sungguh menyenangkan. Demikian artikel tentang haji dan idul adha semoga bermanfaat.


2 Komentar untuk "Pelaksanaan Haji dan Idul Adha"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel